SELAMAT DATANG

Breaking News
recent

Tips Tutorial Cara Mengobati Ikan Guppy(cobra) Yang Terserang Berbagai Macam Penyakit Terlengkap



Tips Tutorial Cara Mengobati Ikan Guppy(cobra) Yang Terserang Berbagai Macam Penyakit Terlengkap

Methalyn Blue Bubuk 


Selamat datang di kebun satwa piak,kali ini admin akan menjelaskan berbagai macam,penyakit yang biasa hinggap di ikan guppy(cobra)dan tutorial cara mengobatinya terlengkap.mungkin sebagain dari kalian belum memahami cara dan tips mengobatin ikan hias kesayangan anda.
Sama halnya seorang dokter ikan hias haruslah kita obatin karena sebagai hobby atau pun untuk pembudidaya hendaknya hal ini harus ada dalam buku cataan anda supaya ikan hias anda dirumah tetap sehat dan tahu cara pencegahannya dan cara mengobatinnya
Beberapa penyakit yang sering hinggap di ikan hias kita adalah sebagai berikut

1.    Saprolegnia.
Ciri-ciri ikan yang terserang adalah bercak-bercak putih pada kulit ikan. Perawatannya teteskan alkohol metapen dalam wadah sebanyak 2 tetes dalam satu galon air/4 1,12) liter air. Langkah selanjutnya berikan garam dan biarkan beberapa saat. Berikan hydrogen peroksida untuk membunuh bakteri yang melekat pada jaring ikan selama 15 sampai 30 detik. Atau bisa juga digunakan malachite green atau methyline blue atau acriflavin sebagai disinfektan. Cara perawatan ikan yang terkena infeksi bakteri sebaiknya diberi tambahan ruang sebelum mengobati.

2.    Penyakit Bengkak atau Bloat
Ikan tampak gelisah, badan tampak lebih besar karena kembung. Ini disebabkan karena peradangan usus ikan. Isolasi ikan yang terkena, lalu masukkan ke dalam satu galon air yang telah dibubuhi 2 sendok penuh garam Inggris. Biarkan selama 4 atau 6 jam, kemudian tambahkan air selama 12 jam. Setelah sembuh dapat dikembalikan ke tempat asal.

3.    Jamur Mulut
Ciri ikan yang terkena jamur mulut mudah dilihat dari warna putih yang terletak di depan mulutnya. Jamur putih tersebut merupakan koloni sangat besar yang menempel pada mulut ikan, sehingga menutup mulut ikan sampai tidak bisa bernapas dan makan dapat menyebabkan ikan mati. Pengobatan menggunakan aureomycin 25 mg untuk 1 galon air tambahkan 1 tetes obat merah dan metopen 2 tetes.

4.    Penyakit Insang
Ciri ikan yang terkena peradangan insang biasanya disebabkan oleh organisme virus. Ciri pada penyakit ini insang membuka, malas makan dan selalu di atas permukaan air. Penyakit ini disebabkan oleh beberapa bakteri dan jamur dan paling sulit untuk diatasi.
Ciri ikan ini jika mati insangnya tampak memerah dan membusuk lebih cepat dari badannya. Beberapa cara yang sudah berhasil dilakukan adalah dengan memberikan metapen mercurochrome direndam beberapa saat secara bersamaan kemudian lakukan perawatan dengan menggunakan air garam dan memberikan tempat yang lebih besar dan luas.
5.    Penyakit Kembung
Ciri-ciri ikan yang terkena peradangan perut antara lain ikan tampak sulit berenang ke dasar. Cara mengatasinya berikan 1 sendok teh garam Inggris tiap 1/2 liter air, dan rendam ikan selama 3 sampai 4 jam, kemudian pindahkan ikan ke dalam tempat yang ketinggian airnya 3 kali tinggi badan ikan. Masih ada beberapa penyakit yang sudah umum diketahui, misalnya kutu atau jarum.


Demikianlah sepenggal artikel semoga bermanfaat
mulyadi piak

mulyadi piak

jangan pernah takut tuk berteman dengan siapapun,seribu teman bisa membuat kita tau arti kesusahan dan kesuksesan mereka,hidup ini singkat broo...jadi belajarlah buat kebaikan dan tidak menyusakan mereka....,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBUN SATWA PIAK. Diberdayakan oleh Blogger.