SELAMAT DATANG

Breaking News
recent

CARA MENANAM DAUN BAWANG DI DALAM POT DENGAN MUDAH DAN SIMPLE


CARA MENANAM DAUN BAWANG DI DALAM POT DENGAN MUDAH DAN SIMPLE

Kali ini kebunsatwapiak akan membahas tutorial menanam daun bawang di dalam pot, Bawang daun (Allium fistulosum) merupakan jenis sayuran yang sering dijadikan bumbu atau bahan penyedap masakan. Bentuk daunnya bulat panjang, berongga seperti pipa.Ujungnya meruncing sedangkan pangkalnya padat berwarna putih.karena kita tahu zaman sekarang cukup sulit berkebun dengan lahan yang terbatas jadi tak salah kalau kita memanfaatkan pekarangan sekeliling rumah kita untuk bercocok tanam seledri di dalam pot,menanam daun bawang di dalam pot dengan menanam di lahan yang luas.sebenarnya sama saja.tetapi hal ini admin sajikan untuk alternatif kita yang hobby berkebun 

Tahapan Bibit daun bawang Untuk Ditanam

Sebetulnya  dua cara untuk menanam daun bawang yaitu perbanyakan generatif (dari biji) dan perbanyakan vegetatif (dari anakan)tetapi yang paling mudah adalah dengan cara vegetatif yaitu dengan anakan tanaman daun bawang karena lebih mudah.apalagi untuk kita kalau mau menanam di area yang terbatas seperti kalau kita mau menanam di dalam pot.

Persiapkan media tanam
Media tanam yang dipakai diantaranya : kombinasi tanah, arang sekam, pupuk kandang/kompos dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Seluruhnya digabung serta disiram dengan air dan di diamkan selamal 1-2 hari.

PENANAMAN DAN PEMUPUKAN

•    ambil anakan yang terdapat dalam rumpun tanaman daun bawang yang diambil harus memiliki rumpun banyak, terlihat segar, tidak terserang hama dan penyakit. Dan memiliki umur 2,5 bulan .Kemudian pindahkan ke pot atau polybag baru. Dengan cara membongkar jangan dicabut, melainkan digali dengan tangan atau dengan alat bantu
•    Bersihkan dengan tangan tanah-tanah yang menempel disekitar akar. Buang daun dan akar yang terlihat layu atau tua.
•    Pecah-pecah rumpun tanaman tersebut menjadi beberapa bibit tanaman atau anakan. Setiap anakan sebaiknya terdiri dari 1-3 batang.
•    Papas daun bagian atas untuk mengurangi penguapan. Pemapasan dilakukan kira-kira sepertiga bagian dari atas. Pemapasan juga akan merangsang tumbuhnya tunas baru.
•    Bibit bawang daun yang telah disiapkan bisa langsung ditanam. Bila bibit tersebut tidak langsung ditanam, sebaiknya lama penyimpanan tidak lebih dari 5-7 hari dengan penyimpanan di tempat teduh dan lembab.Selanjutnya anakan daun bawang siap di tanam di pot/polibag lalu beri pupuk,disekitaran tanamn tersebut dan siram dengan air.

.PEMELIHARAAN
Penyiraman pada musim kemarau dikerjakan satu sampai 2 x satu hari saat pagi dan sore bergantung situasi di lapang. Tanaman daun bawang tak tahan kekeringan namun tak tahan pada genangan air.jadi hal-hal tersebut harus diperhatikan dan kalau ada tumbuhan yang ada di sekitar tanaman tersebut sebaiknya di bersihkan.dan di beri pupuk 1minggu sekali

MASA PANEN
Bawang daun bisa dipanen setelah berumur 2,5 bulan sejak bibit ditanam, 5 bulan dari biji mulai disemai. Ciri-ciri bawang daun siap panen adalah jumlah rumpunnya mulai banyak dan sebagian daunnya sudah ada yang menguning. Panen sebaiknya dilakukan pagi atau sore hari.Namun untuk keperluan harian tidak perlu menunggu hingga tanaman bawang daun siap panen. Tanaman yang telah berumpun banyak bisa diambil sebagian kapan saja. Dan sisanya dibiarkan tumbuh.
mulyadi piak

mulyadi piak

jangan pernah takut tuk berteman dengan siapapun,seribu teman bisa membuat kita tau arti kesusahan dan kesuksesan mereka,hidup ini singkat broo...jadi belajarlah buat kebaikan dan tidak menyusakan mereka....,

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

KEBUN SATWA PIAK. Diberdayakan oleh Blogger.