SELAMAT DATANG

Breaking News
recent

Tips Cara Budidaya Burung Murai Terbaru dan Terlengkap


Tips Cara Budidaya Burung Murai Terbaru dan Terlengkap

Selamat datang di dunia satwa

Kali ini admin mau berbagi tips membudidayakan Burung murai,sebenar nya cukup mudah untuk membudidayakan Burung Burung murai  seperti pada umumnya kita memelihara burung pada umumnya apalagi bagi pemula sekalipun.
Cara budidaya Burung murai  sangatlah mengiurkan untuk dijadikan peluang usaha karena selain mudah memeliharanya dan pakan-pakan nya cukup mudah di dapat,budidaya Burung Burung murai  sekarang ini sudah menjadi tren bagi pecinta binatang satu ini apalagi mempunyai harga jual yang cukup tinggi,jadi tak salah kalau kita membudidayakan Burung Burung murai  ini.
Tips Cara Budidaya Burung murai  Terbaru dan Terlengkap,ini adalah solusi cara anda yang mau menjadikan Burung kenari ini sebagai peluang usaha di samping hobi,jadi sebelum kita melakukan sesuatu hendaklah di dasari dengan hoby 

Hal yang harus kita ketahui adalah lokasih dimana tempat kita Membudidayakan Burung Burung murai  tersebut antara lain

•    Kandang atau sangkar yang ideal
•    Pakan yang cukup untuk memenuhin nutrisi dan vitamin
•    Jenis burung yang sehat dan ideal

KANDANG ATAU SANGKAR


Berikut ini beberapa tips bagi Anda dalam menyiapkan kandang bagi si  Burung Murai  :

1.    Kandang harus bebas dari gangguan hewan pengganggu seperti semut, tikus, ular, dan sebagainya.
2.    Kandang harus bersih dan usahakan terkena sinar matahari pada pagi hari.
3.    Kandang dapat menampung si burung murai beserta makannya dengan lapang.
4.    Kandang terbuat dari bahan yang awet, tidak mudah rusak dan dimakan rayap. Jenis kandang alumunium dapat Anda manfaatkan.

Untuk itu, lokasi kandang baiknya ditempelkan di tembok agar terbebas dari resiko di atas. Jangan lupa pemeliharaan kandang dengan selalu mengecek serangga dan hewan pengganggu lainnya yang mungkin mengincar makanan kenari atau burung murai itu sendiri.

Cara Memilih Indukan Burung Murai  

  -Indukan Burung murai  jantan berusia di atas 2 tahun.
  -Indukan Burung murai  betina berusia di atas 1 tahun.
  -Kondisi kesehatan Burung murai  harus bagus.
  -Indukan harus lincah.
  -Gacor/rajin berkicau bagi Burung murai  jantan.
  -Tidak cacat fisik.
  -Memiliki badan yang serasi (besar dan panjang).

Saat Anda ingin melakukan pembibitan burung Burung murai  , maka pilihlah burung murai yang siap ternak. Usia burung murai siap ternak berbeda antara si jantan dan si betina.
Hal ini tentunya dapat Anda tanyakan terlebih dahulu pada penjual bibit burung Burung murai  dan pastikan penjualnya jujur pada Anda.

CARA MENJODOKAN BURUNG MURAI


Proses penjodohan tidak bisa dihitung secara pasti. Hal ini tergantung pada ketepatan Anda dalam memasangkan antara si jantan dan si betina. 

Berikut ini beberapa hal yang patut Anda perhatikan :

1.    Usahakan untuk mendekatkan kandang si jantan dan si betina saat proses penjodohan. Jangan langsung Anda jadikan satu dalam satu kandang karena mereka bisa saja saling berantem satu sama lain.
2.    Usahakan untuk selalu memasangkan Burung murai  tersebut dimana saja, misalnya saat dijemur, agar mereka semakin akrab.
3.    Acara penjodohan ini dapat Anda lakukan pada sore hari sehingga pada malam hari mereka dapat saling mengakrabkan diri dan di pagi hari mereka telah siap kawin.

Untuk mengetahui bahwa Burung murai  Anda siap kawin, maka dapat Anda perhatikan ciri-cirinya seperti kedua burung saling melolohkan makanan, si jantan menabrakkan dirinya ke tepian kandang, si betina memasang ‘posisi’ siap untuk dikawini, dan si betina telah menyiapkan sarangnya

Tips Cara Mengawinkan Burung Murai  
Acara mengkawinkan burung murai dapat Anda lakukan degan memindahkan si jantan ke sarang betina. Untuk mempercepat prosesnya, Anda dapat meningkatkan ‘stamina’ si jantan dengan memberikan nutrisi berprotein tinggi seperti telur puyuh dan taoge. Awasi peranakan yang mereka hasilkan karena peranakan ini biasanya menjadi sasaran empuk tikus atau semut

   Masa Pengeraman
Dalam masa pengeraman, indukan Burung murai  membutuhkan kenyamanan dan ketenangan di kandang dan sekitar kandang. Pastikan tidak ada gangguan tikus, kucing, anjing, semut, kecoa atau parasit. Waktu pengeraman Burung murai  sekitar 14 hari (2 minggu), dan daya tetas telur tergantung dari kondisi lingkungan dan betina itu sendiri. Sebagai saran, pada saat masa mengeram kurangilah memberikan EF karena dapat membuat cucak hijau agresif dan birahi tinggi dan akan berdampak buruk pada telur yang dierami. Sebelum telur menetas (sekitar 2 hari sebelum menetas) perbanyaklah memberi EF dan jangan lupa sediakan kroto. Biarkan indukan Burung murai  memberi makan anakannya dengan koroto, karena kroto baik untuk anakan burung murai yang baru menetas.

 Pakan burung Murai

Makanan burung cucak ijo yang baik adalah pakan alami seperti,kroto,ulathongkong,serangga kecil,dan lain-lain

CARA PERAWATAN BURUNG MURAI
Anda harus memperhatikan nutrisi bagi burung murai Anda. Burung murai  yang sehat tentunya akan fit dan menghasilkan peranakan yang berkualitas pula, Anda harus mencermati dimana burung Burung murai  Anda akan diletakkan agar jauh dari hewan pengganggu dan sejenisnya.burung yang sehat tentunya terjaga semua nutrisi dan kebersihan kandang hal ini hendaklah kita memandikan burung tersebut dengan cara menyiapkan tempat kolam pemandiannya yang ideal

Semoga sukses
mulyadi piak

mulyadi piak

jangan pernah takut tuk berteman dengan siapapun,seribu teman bisa membuat kita tau arti kesusahan dan kesuksesan mereka,hidup ini singkat broo...jadi belajarlah buat kebaikan dan tidak menyusakan mereka....,

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

KEBUN SATWA PIAK. Diberdayakan oleh Blogger.