SELAMAT DATANG

Breaking News
recent

Cara Membudidayakan Ikan Mujair Yang Menguntungkan Terlengkap



Cara Membudidayakan Ikan Mujair Yang Menguntungkan Terlengkap

Selamat datang di dunia satwa
 info mengenai cara membudidaya ikan mujair  yang menguntungkan
 ikan mujair bentuknya hampir sama dengan ikan nila Penyebaran alami ikan ini adalah perairan Afrika dan di Indonesia pertama kali ditemukan oleh Pak Mujair di muara Sungai Serang pantai selatan Blitar, Jawa Timur pada tahun 1939 jadi tak salah kalau kita menjadikan ikan mujair ini sebagai peluang usaha disamping hobby

Ciri-ciri Yang Membedakan Jantan atau Betina sebagai berikut
Betina:Terdapat 3 buah lubang pada urogenetial yaitu: dubur, lubang pengeluaran telur dan lubang urine.Ujung sirip berwarna kemerah-merahan pucat tidak jelas.Warna perut lebih putih.Warna dagu putih.Jika perut distriping tidak mengeluarkan cairan.
Jantan:Pada alat urogenetial terdapat 2 buah lubang yaitu: anus dan lubang sperma merangkap lubang urine.Ujung sirip berwarna kemerah-merahan terang dan jelas.
Warna perut lebih gelap/kehitam-hitaman.
Kelebihan ikan mujair
Mampu memproduksi benih dalam jumlah yang besar dengan kwalitas yang tinggi.pertumbuhannya sangat cepat.sangat responsif terhadap makanan buatan yang diberikan.resisten terhadap serangan hama, parasit dan penyakit.dapat hidup dan tumbuh baik pada lingkungan perairan yang relatif buruk.
 Proses Penjodohan
Dalam teknik penjodohan ikan ini bisa kita jodohkan dalam bergerombol/massal,proses penjodohan dapat dilakukan di dalam kolam yang besar dengan perbandingan ikan mujair jantan 1-3betina
Proses Pemijahan
Dalam proses pemijahan yang harus kita ketahui adalah kolam/tempat yang akan kita pakai untuk memijah ikan mujair ini adalah kolam dengan kedalamn 0,7meter,mengapa ...?karena hal ini untuk mempermudah ikan jantan mujair membuat sarang di dasar kolam berupa cekungan karena itu dasr kolam haruslah mempunyai tekstur lembek seperti lumpur/pasir begitu pembuatan sarang pemijahan selesai,maka mujair betina akan memijah dan bertelur disana hasil pemijahan segera dikumpulkan oleh induk betina ke dalam mulutnya untuk dierami hingga menetas.Pada saat tersebut induk betina tidak aktif makan sehingga terlihat tubuhnya kurus.
Proses Penetasan telur ikan mujair
Telur akan menetas setelah 3-5 hari pada suhu air sekitar 25-27 derajat C. Setelah sekitar 2 minggu sejak penetasan, induk betina baru melepaskan anak-anaknya, karena telah mampu mencari makanan sendiri.
PAKAN
Makanan Ikan mujair adalah dedak halus,cacing,pakan buatan dan pelet
Proses Pemasaran
Untuk pemasaran ikan ikan mujair ini sangatlah menggiurkan ikan ini dengan harga jual yang stabil banyak masyarakat menyukai ikan konsumsi ini

SEMOGA BERMANFAAT
kebunsatwapiak

kebunsatwapiak

1 komentar:

  1. terimakasih atas informasinya sangat membantu sekali, jangan lupa juga kunjungi website kami http://bit.ly/2BNthKE

    BalasHapus

KEBUN SATWA PIAK. Diberdayakan oleh Blogger.