SELAMAT DATANG

Breaking News
recent

CARA MEMBUDIDAYAKAN BURUNG PERKUTUT DENGAN MUDAH TERLENGKAP

CARA MEMBUDIDAYAKAN BURUNG PERKUTUT DENGAN MUDAH TERLENGKAP

Selamat datang di dunia satwa
Siapa yang tak mengenal burung ini burung ini identik dengan burung keluarga mengapa karena burung ini telah di pelihara oleh petinggi-petinggi negeri ini karena burung ini mempunyai suara merdu enak untuk di dengar bahkan banyak orang berkata burung ini mempunyai sugesti kemakmuran bagi siapa saja yang memeliharanya
Cara membudidaya Burung perkutut ini sangatlah mengiurkan untuk dijadikan peluang usaha karena selain mudah memeliharanya dan pakan-pakan nya cukup mudah di dapat,selain itu mempunyai harga jual yang cukup tinggi,jadi tak salah kalau kita membudidayakan Burung perkutut ini. sebelum kita melakukan sesuatu hendaklah di dasari dengan hoby
Nah ini artikel yang tetap untuk anda pelajari walau pemula sekalipun

Hal yang harus kita ketahui adalah lokasih dimana tempat kita membudidayakan Burung Perkutut tersebut antara lain
•    Kandang atau sangkar yang ideal
•    Pakan yang cukup untuk memenuhin nutrisi dan vitamin
•    Jenis burung yang sehat dan ideal

KANDANG ATAU SANGKAR

Berikut ini beberapa tips bagi Anda dalam menyiapkan kandang burung perkutut
1.    Kandang harus bebas dari gangguan hewan pengganggu seperti semut, tikus, ular, dan sebagainya.
2.    Kandang harus bersih dan usahakan terkena sinar matahari pada pagi hari.
3.    Kandang dapat menampung si burung perkutut beserta makannya dengan lapang.
4.    Kandang terbuat dari bahan yang awet, tidak mudah rusak dan dimakan rayap. Jenis kandang alumunium dapat Anda manfaatkan.
Untuk itu, lokasi kandang baiknya ditempelkan di tembok agar terbebas dari resiko di atas. Jangan lupa pemeliharaan kandang dengan selalu mengecek serangga dan hewan pengganggu lainnya yang mungkin mengincar burung perkutut itu sendiri.

Cara Memilih Indukan Burung Perkutut
berusia lebih kurang 4( empat ) bln. di mana waktunya pas serta gampang untuk mulai dijodohkan, hingga pada usia 5-7 bln. telah dapat mulai bertelor. serta baiknya dipilih yang betina lebih tua kurang lebih 1 bulan dari jantannya. tidak sama dengan yang telah berusia umumnya sulit dijodohkan atau yang betina kerap dikejar-kejar oleh si jantan yang umumnya lebih agresif/galak
Dalam peroses pemilihan indukan yang bagus tentu harus memenuhi berbagai kriteria seperti Indukan perkutut harus sehat, memiliki warna bulu yang cerah, dan yang paling penting berumur diatas 5-6 bulan.sehingga sehingga organ reproduksinya benar-benar matang.
Tidak sedikit pula yang memasangkannya sejak masih berusia muda, agar proses penjodohan bisa berjalan lebih cepat. Tetapi risiko kawin muda menjadi sangat besar, dan kurang baik untuk anakan.

CIRI-CIRI BURUNG  PERKUTUT BETINA DAN JANTAN 
Pada burung muda, jenis kelamin masih sulit dibedakan, karena penampilan fisiknya hampir sama dan mirip dengan burung betina dewasa. Tetapi beberapa penangkar berpengalaman bisa melakukan sexing pada burung muda dengan melihat bagian di atas pangkal paruh, di sekitar lubang hidungnya. Burung muda betina memiliki ciri melengkung hingga ke dahi, sedangkan burung jantan muda cenderung datar di dahi. Selain itu, burung muda betina juga memiliki wajah berwarna biru.

CARA MENJODOKAN BURUNG PERKUTUT
Proses penjodohan tidak bisa dihitung secara pasti. Hal ini tergantung pada ketepatan Anda dalam memasangkan antara si jantan dan si betina.
Berikut ini beberapa hal yang patut Anda perhatikan :
Teknik menjodohkan juga butuh diketahui dengan baik, karena ke-2 calon indukan tidak demikian saja segera jodoh, namun memerlukan sistem untuk saling kenal terlebih dulu dengan langkah diantaranya keduanya diletakkan pada sangkar terpisah serta tiap-tiap hari senantiasa disandingkan. sesudah satu atau dua minggu, sesudah terlihat keduanya telah saling kenal dengan sinyal tanda saling mengangguk-angguk serta bila tidur malam hari senantiasa pingin berdekatan. maka keduanya dikumpulkan terus didalam sangkar kecil dahulu untuk sekian hari.
Waktu yang pas untuk memasukkan ke kandang ternak yaitu sore hari malam harinya dapat tidur berdekatan berbarengan.

   Masa Pengeraman

Induk betina akan bertelur sebanyak 2 –  4 butir, yang akan dierami selama 14 hari

   Pakan Burung Perkutut
Makanan burung Perkutut yang baik adalah pakan alami seperti,biji-bijian

CARA PERAWATAN BURUNG PERKUTUT
Perawatan burung ini terbilang cukup mudah karena burung ini dikenal sebagai burung yang mudah beradaptasi dengan lingkungan dan cerdas sehingga seliar apapun burung ini jika sudah lama dirawat maka akan menjadi jinak. hal terpenting yang harus diperhatikan adalah kebersihan kandang dan tempat makana dan minumanya burung yang sehat tentunya terjaga semua nutrisi dan kebersihan kandang hal ini hendaklah kita memandikan burung tersebut dengan cara menyiapkan tempat kolam pemandiannya yang ideal

Semoga sukses
kebunsatwapiak

kebunsatwapiak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBUN SATWA PIAK. Diberdayakan oleh Blogger.