SELAMAT DATANG

Breaking News
recent

Cara Budidaya Ikan Gara Rufa/Dokter Ikan Yang Menguntungkan Terlengkap


Cara Budidaya Ikan Gara Rufa/Dokter Ikan Yang Menguntungkan Terlengkap

Selamat datang di dunia satwa


 info mengenai cara budidaya ikan gara rufa yang menguntungkan Ikan gara rupa adalah ikan yang bisa di bilang dokternya hewan,mengapa karena ikan tersebut biasa di gunakan sebagai dokter untuk berbagai penyakit kulit mau tahu kehebatan ikan ini dan cara budidayanya... tak salah kalau kita mencoba membudidayakan ikan gara rufa tersebut.Ikan gara rufa sangatlah mudah untuk di budidayakan untuk para pemula sekalipun.
ikan discus bisa di budidayakan di berbagai macam kolam,antara lain di keramba,jaring apung,bahkan kolam terbuat dari semen sekalipun.


Ciri-ciri Yang Membedakan Jantan atau Betina sebagai berikut
•    Bentuk tubuh proporsional, sirip-sirip mempunyai bentuk standar dan tidak cacat.
•    Warna tubuh tidak pucat, dan mengkilap.
•    Panjang tubuh minimal 10 cm, dan matang kelamin.
•    Ciri-ciri induk ikan dokter jantan pada bagian kepala terdapat spawning tuberles, jantan matang kelamin ditunjukkan oleh perlakuan penekanan pada perut belakang maka anus akan mengeluarkan seperma.
•    Induk betina matang kelamin ditunjukkan bentuk perut nampak buncit, melebar ke arah lateral, samping dan jika ditekan dengan jari tengah akan terasa lembek.
•    Striping tidak perlu dilakukan jika ingin mengetahui tingkat kematangan telur, karena hal ini jika dilakukan akan berpengaruh terhadap kesehatan induk, kualitas telur dan larva yang dihasilkan


Proses Perawatan
Ikan gara rufa tak sulit untuk perawatannya yang perlu di perhatikan adalah kebersihan kolam atau tempat ikan ini kita budidayakan dan terhindar dari ikan-ikan besar predator



Proses Pemijahan

BACA INI JUGA;Cara Membudidayakan Ikan Red Fin Shark YangMenguntungkan Terlengkap

Ikan gara rufa adalah ikan hias yang banyak di gemari,untuk proses pemijahan ikan gara rufa ditempatkan di kolam atau aquarium
•    induk ikan dokter  yang sudah dipilih diperkirakan ukurannya, jika dimisalkan ukuran yang jantan lebih kecil dari yang betina maka sebaiknya pemijahan mengunakan perbandingan jumlah induk 2 jantan : 1 betina, atau sebaliknya.
•    Jika ukuran jantan dengan betina seimbang maka digunakan perbandingan 1 jantan : 1 betina , hal ini diharapkan jumlah telur sebanding dengan jumlah sperma yang dihasilkan.
•    Sebelum induk dilepas di dalam kolam pemijahan sebaiknya air dibiarkan selama 24 jam, tetapkan waktu memasukkan induk ikan dokter yang akan dimijahkan, biasanya di waktu sore hari, kira-kira pukul 17.00.
•    Disarankan pada teknik ini dimasukkan induk ikan 5-10 pasang.
•    Pemantauan pemijahan perlu dilakukan, hal ini untuk menghindari telur yang sudah dihasilkan di makan kembali oleh induknya.
•    Biasanya induk setelah kawin akan lapar dan akan memakan telur yang dihasilkan dan telah dibuahi.
•    Jumlah telur yang dihasilkan rata-rata setiap ekor induk ikan dokter yakni 400 butir. Angkatlah induk ikan dokter setelah waktu 2 hari sejak terlihatnya telur-telur ditemukan, dan kembalikan induk ke dalam kolam induk..
•    Umur indukan ikan gara rufa untuk kita proses perkawinan atau pemijahan adalah 3-4 bulan


PAKAN

Makanan ikan ini tak sulit di dapatkan ikan ini mempunyai makanan sama seperti kita memelihara ikan hias pada umumnya yaitu cukup diberi kutu air,ugat-ugat cacing sutra dan lain-lain Ikan Garra rufa merupakan ikan omnivora dan pemakan segala , perilaku makan dengan cara menghisap. Perilaku ikan garra rufa yang menghisap kulit mati menjadikan ikan ini disebut ikan dokter. Hidup berkelompok, termasuk melakukan kegiatan makan. Perilaku semacam  itulah dan menghasilkan enzim dithranol atau anthralin yang mampu menghambat pertumbuhan kanker, yang menjadikan ikan ini dikenal sebagai dokter ikan dan dipakai spa ikan. Dan diyakini mampu menghisap berbagai jenis penyakit kulit kaki, khususnya telapak kaki.

untuk info teknik spa ikan dokter Gara Rufa
Proses Pemasaran
Untuk pemasaran ikan gara rufa ini sangatlah menggiurkan karena utama komoditi exspor bahkan di dalam negeri sendiri ikan ini banyak di buru untuk di jadikan ika hias
Kelebihan ikan ini dari  ikan hias lainnya bisa dijadikan peluang usaha tambahan yaitu terapi spa dokter ikan untuk info lebih jelas silakan mampir disini


SEMOGA BERMANFAAT
kebunsatwapiak

kebunsatwapiak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBUN SATWA PIAK. Diberdayakan oleh Blogger.