SELAMAT DATANG

Breaking News
recent

Tips Cara Budidaya Burung Pleci Terbaru dan Terlengkap

Tips Cara Budidaya Burung Pleci Terbaru dan Terlengkap
Selamat datang di dunia satwa
Kali ini admin mau berbagi tips membudidayakan Burung Pleci,sebenar nya cukup mudah untuk membudidayakan Burung Pleci seperti pada umumnya kita memelihara binatang pada umumnya apalagi bagi pemula sekalipun.
Cara budidaya Burung Pleci sangatlah mengiurkan untuk dijadikan peluang usaha karena selain mudah memeliharanya dan pakan-pakan nya cukup mudah di dapat,budidaya Burung Pleci sekarang ini sudah menjadi tren bagi pecinta binatang satu ini apalagi mempunyai harga jual yang cukup tinggi,jadi tak salah kalau kita membudidayakan Burung Pleci ini.
Tips Cara Budidaya Burung Pleci Terbaru dan Terlengkap,ini adalah solusi cara anda yang mau menjadikan Burung kenari ini sebagai peluang usaha di samping hobi,jadi sebelum kita melakukan sesuatu hendaklah di dasari dengan hoby
Hal yang harus kita ketahui adalah lokasih dimana tempat kita membudidayakan Burung Pleci tersebut antara lain
  • Kandang atau sangkar yang ideal
  • Pakan yang cukup untuk memenuhin nutrisi dan vitamin
  • Jenis burung yang sehat dan ideal
KANDANG ATAU SANGKAR
Berikut ini beberapa tips bagi Anda dalam menyiapkan kandang bagi si burung kenari :
  1. Kandang harus bebas dari gangguan hewan pengganggu seperti semut, tikus, ular, dan sebagainya.
  2. Kandang harus bersih dan usahakan terkena sinar matahari pada pagi hari.
  3. Kandang dapat menampung si burung kenari beserta makannya dengan lapang.
  4. Kandang terbuat dari bahan yang awet, tidak mudah rusak dan dimakan rayap. Jenis kandang alumunium dapat Anda manfaatkan.
Untuk itu, lokasi kandang baiknya ditempelkan di tembok agar terbebas dari resiko di atas. Jangan lupa pemeliharaan kandang dengan selalu mengecek serangga dan hewan pengganggu lainnya yang mungkin mengincar makanan kenari atau burung kenari itu sendiri.
Cara memilih Indukan burung pleci
Saat Anda ingin melakukan pembibitan burung pleci, maka pilihlah burung pleci yang siap ternak. Usia burung pleci siap ternak berbeda antara si jantan dan si betina. Usia burung pleci jantan yang siap ternak adalah minimal 8 bulan, sedangkan usia pleci betina yang siap ternak adalah usia minimal 6 bulan.
Hal ini tentunya dapat Anda tanyakan terlebih dahulu pada penjual bibit burung pleci dan pastikan penjualnya jujur pada Anda. Bagi Anda yang berminat untuk membudidayakan pleci, maka pastikan usia burung tersebut siap ternak yakni minimal satu tahun.

BACA INI JUGA: Tips Cara Budidaya Burungkenari Terbaru dan Terlengkap
CARA MENJODOKAN BURUNG PLECI
Proses penjodohan tidak bisa dihitung secara pasti. Hal ini tergantung pada ketepatan Anda dalam memasangkan antara si jantan dan si betina. Berikut ini beberapa hal yang patut Anda perhatikan :
  1. Usahakan untuk mendekatkan kandang si jantan dan si betina saat proses penjodohan. Jangan langsung Anda jadikan satu dalam satu kandang karena mereka bisa saja saling berantem satu sama lain.
  2. Usahakan untuk selalu memasangkan burung kenari tersebut dimana saja, misalnya saat dijemur, agar mereka semakin akrab.
  3. Acara penjodohan ini dapat Anda lakukan pada sore hari sehingga pada malam hari mereka dapat saling mengakrabkan diri dan di pagi hari mereka telah siap kawin.
Untuk mengetahui bahwa burung pleci Anda siap kawin, maka dapat Anda perhatikan ciri-cirinya seperti kedua burung saling melolohkan makanan, si jantan menabrakkan dirinya ke tepian kandang, si betina memasang ‘posisi’ siap untuk dikawini, dan si betina telah menyiapkan sarangnya
Tips cara mengawinkan Burung Pleci
Acara mengkawinkan burung pleci dapat Anda lakukan dengan memindahkan si jantan ke sarang betina. Untuk mempercepat prosesnya, Anda dapat meningkatkan ‘stamina’ si jantan dengan memberikan nutrisi berprotein tinggi seperti telur puyuh dan taoge. Awasi peranakan yang mereka hasilkan karena peranakan ini biasanya menjadi sasaran empuk tikus atau semut
Pakan Burung Pleci
Makanan burung pleci yang baik adalah serangga kecil,sayuran
Cara Perawatan Burung Pleci
Anda harus memperhatikan nutrisi bagi burung pleci Anda. Burung pleci yang sehat tentunya akan fit dan menghasilkan peranakan yang berkualitas pula, Anda harus mencermati dimana burung pleci Anda akan diletakkan agar jauh dari hewan pengganggu dan sejenisnya.burung yang sehat tentunya terjaga semua nutrisi dan kebersihan kandang hal ini hendaklah kita memandikan burung tersebut dengan cara menyiapkan tempat kolam pemandiannya yang ideal
kebunsatwapiak

kebunsatwapiak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBUN SATWA PIAK. Diberdayakan oleh Blogger.