SELAMAT DATANG

Breaking News
recent

Tips Cara Budidaya Ikan Sidat Terbaru dan Terlengkap




Tips Cara Budidaya Ikan Sidat Terbaru dan Terlengkap

Selamat datang di dunia satwa

Kali ini admin mau berbagi tips membudidayakan Ikan Sidat,sebenar nya cukup mudah untuk membudidayakan Ikan Sidat seperti pada umumnya kita memelihara binatang pada umumnya apalagi bagi pemula sekalipun.
Cara budidaya Ikan Sidat sangatlah mengiurkan untuk dijadikan peluang usaha karena selain mudah memeliharanya dan pakan-pakan nya cukup mudah di dapat,budidaya Ikan Sidat sekarang ini sudah menjadi tren bagi pecintanya apalagi mempunyai harga jual yang cukup tinggi,jadi tak salah kalau kita membudidayakan Ikan Sidat ini.

Tips Cara Budidaya Ikan Sidat Terbaru dan Terlengkap,ini adalah solusi cara anda yang mau menjadikan Ikan Sidat ini sebagai peluang usaha di samping hobi,jadi sebelum kita melakukan sesuatu hendaklah di dasarin dengan hobi-hoby kita semua itu akan mempermudah kita dalam membudidayakannya
Hal yang harus kita ketahui adalah lokasih dimana tempat kita membudidayakan Ikan Sidat tersebut antara lain
  • Kolam tadah hujan
  • Kolam yang terbuat dari semen
  • Kolam irigasi air mengalir
Ketiga hal tersebut adalah cerminan dimana tempat yang kita kehendaki,tetapi kebanyakan orang budidaya memakai kolam tadah hujan karena lebih mudah dan yang paling bagus sebenarnya tempat kolam dimana air yang bersiklus mengalir.

Saat mempersiapkan kolam yang akan di jadikan untuk media budidaya seperti yang sudah di jelaskan di atas kolam harus di keringkan terlebih dahulu sampai dengan dasar kolam retak-retak sebelum digunakan taburi pupuk kompos di permukaan dasar kolam dengan tujuan untuk membuat bibit fitoplankton nantinya. Setelah pupuk di kompos di taburkan taburkan juga Pupuk kapur dan pupuk urea yang bertujuan untuk menyetabilkan kadar asam air. Kontruksi kolam bisa di sesuaikan dengan kebutuhan misal 5 M x 10 M dengan kedalaman 2 – 3 M. jika kita tidak mempunyai cukup lahan kita dapat mumbuat petak kolam lebih kecil yang di sarankan yaitu kedalam kolam karena Ikan Sidat merupakan ikan yang suka dengan kedalam air.

Sebelum penebaran beni Ikan Sidat sebaiknya air yang ada di dalam kolam tersebut di masukkan kedalam ember dan masukkan beni-beni Ikan Sidat tersebut ke dalam ember tersebut,supaya beni-beni Ikan Sidat tersebut bisa beradaptasi .

Makanan Ikan Sidat
Ikan Sidat pada waktu pertumbuhan pakannya adalah cacing sutra,jentik-jentik nyamuk,kutu air,namun setelah dewasa ikan ini umumnya mempunyai sifat karnivora hal ini bisa kita siasatin dengan aturan pola makannya di buat 3 x sehari pagi,siang dan malam,tentunya hal ini menjadi rutin untuk membuat kebiasaannya seperti yang kita kehendaki,pakan Ikan Sidat biasanya berupa pelet,tapi kita tentu bisa membuat pakan olahan sendiri dan bisa di tambahkan sayuran yang telah kita cincang halus.makanan tambahan lainnya adalah sayur-sayuran seperti kangkung,daun talas,daun ubi dan lain-lain hal ini tentunya menjadi protein vitamin untuk tumbuh kembang ikan gurami secara alami.

Perawatan
Hal yang terpenting untuk ikan ini adalah suhu air sekitar 29 temperatur Ikan Sidat yang berusia 40 hari hendaklah kita sortir besar dan kecil ikan tersebut untuk mempermudah kita untuk masa panen dan indukan.

Panen Ikan Sidat
Masa Ikan Sidat yang siap kita panen adalah sekitar 5bulan hal ini sudah menjadi kehendak pasar dimana Ikan Sidat yang mempunyai berat kira-kira 1-2 kg.

kebunsatwapiak

kebunsatwapiak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBUN SATWA PIAK. Diberdayakan oleh Blogger.