SELAMAT DATANG

Breaking News
recent

Tips Cara Budidaya Ikan Betutu Terbaru dan Terlengkap




Tips Cara Budidaya Ikan Betutu Terbaru dan Terlengkap

Selamat datang di dunia satwa

Kali ini admin mau berbagi tips membudidayakan Ikan Betutu,sebenar nya cukup mudah untuk membudidayakan Ikan Betutu seperti pada umumnya kita memelihara binatang pada umumnya apalagi bagi pemula sekalipun.
Cara budidaya Ikan Betutu sangatlah mengiurkan untuk dijadikan peluang usaha karena selain mudah memeliharanya dan pakan-pakan nya cukup mudah di dapat,budidaya Ikan Betutu sekarang ini sudah menjadi tren bagi pecinta binatang kecil satu ini apalagi mempunyai harga jual yang cukup tinggi,bisa mencapai 150ribu per kg jadi tak salah kalau kita membudidayakan Ikan Betutu ini.

Tips Cara Budidaya Ikan Betutu Terbaru dan Terlengkap,ini adalah solusi cara anda yang mau menjadikan Ikan betutu ini sebagai peluang usaha di samping hobi,jadi sebelum kita melakukan sesuatu hendaklah di dasarin dengan hobi-hoby kita semua itu akan mempermudah kita dalam membudidayakannya
Hal yang harus kita ketahui adalah lokasih dimana tempat kita membudidayakan Ikan Betutu tersebut antara lain
  • Kolam tadah hujan
  • Kolam yang terbuat dari semen
  • Kolam irigasi air mengalir
Ketiga hal tersebut adalah cerminan dimana tempat yang kita kehendaki,tetapi kebanyakan orang budidaya memakai kolam tadah hujan karena lebih mudah dan yang paling bagus sebenarnya tempat kolam dimana air yang bersiklus mengalir.

Saat mempersiapkan kolam yang akan di jadikan untuk media budidaya seperti yang sudah di jelaskan di atas kolam harus di keringkan terlebih dahulu sampai dengan dasar kolam retak-retak sebelum digunakan taburi pupuk kompos di permukaan dasar kolam dengan tujuan untuk membuat bibit fitoplankton nantinya. Setelah pupuk di kompos di taburkan taburkan juga Pupuk kapur dan pupuk urea yang bertujuan untuk menyetabilkan kadar asam air. Kontruksi kolam bisa di sesuaikan dengan kebutuhan misal 5 M x 10 M dengan kedalaman 2 – 3 M. jika kita tidak mempunyai cukup lahan kita dapat mumbuat petak kolam lebih kecil yang di sarankan yaitu kedalam kolam karena Ikan Betutu merupakan ikan yang suka dengan kedalam air.

Sebelum penebaran beni Ikan Betutu sebaiknya air yang ada di dalam kolam tersebut di masukkan kedalam ember dan masukkan beni-beni Ikan Betutu tersebut ke dalam ember tersebut,supaya beni-beni Ikan Betutu tersebut bisa beradaptasi .

Memilih indukan ikan betutu yang baik

Induk ikan betutu bisa didapatkan melalui proses penyortiran dari kelompok ikan betutu yang telah dibesarkan ataupun menangkap langsung indukan dari alam. Beberapa ciri-ciri dari induk ikan betutu yang baik adalah sebagai berikut. Untuk indukan betina sebaiknya yang mempunyai bercak warna hitam lebih banyak dan kulitnya berwarna gelap. Sedangkan untuk induk yang jantan sebaiknya bercak warna hitam ditubuhnya lebih sedikit dan warna kulitnya lebih terang. Selain itu, induk ikan betutu pada umumnya memiliki bobot sekitar 175 gram, tubuh induk jantan lebih ramping, dan harus berbadan sehat.
Ikan betutu yang siap memijah adalah indukan-indukan yang telah berada dalam masa produktif. Untuk mempercepat proses matangnya alat reproduksi indukan, ada yang bisa kita lakukan di dalam proses perawatan induk. Dikolam perawatan induk, para induk betutu diberikan makanan alami maupun makanan buatan berupa pelet yang memiliki kandungan protein tinggi. Pemeliharaan induk juga harus dilakukan dengan memperhatikan pasokan udara di dalam air dan juga kebersihan kolam. Proses budidaya yang dilakukan bisa dilakukan di kolam-kolam yang terbuat dari semen maupun kakaban

 
Makanan Ikan Betutu
Ikan Betutu pada waktu pertumbuhan pakannya adalah cacing sutra,jentik-jentik nyamuk,kutu air,namun setelah dewasa ikan ini umumnya mempunyai sifat karnivora hal ini bisa kita siasatin dengan aturan pola makannya di buat 3 x sehari pagi,siang dan malam,tentunya hal ini menjadi rutin untuk membuat kebiasaannya seperti yang kita kehendaki,pakan Ikan Betutu biasanya berupa pelet,tapi kita tentu bisa membuat pakan olahan sendiri dan bisa di tambahkan sayuran yang telah kita cincang halus.makanan tambahan lainnya adalah sayur-sayuran seperti kangkung,daun talas,daun ubi dan lain-lain hal ini tentunya menjadi protein vitamin untuk tumbuh kembang ikan gurami secara alami.

cara penetasan telur ikan betutu 
 Telur ikan betutu berbentuk lonjong dan berwarna transparan yang melekat pada sarang yang berupa segitiga sarang yang terdapat di kolam untuk memijah. Selanjutnya sarang-sarang tersebut kita angkat dan kita pindahkan ke dalam kolam penetasan dan pemeliharaan yang kapasitasnya minimal adalah 60 liter air. Supaya telur terangsang untuk segera menetas, kita bisa memberikan semprotan pada air kolam penetasan secara terus menerus. Selain itu, air kolam juga bisa diberi metilen blue yang berfungsi untuk menghindari jamur. Kekuatan semprotan lalu kita kurangi setelah telur menetas sekitar 3 hari kemudian.



cara pemijahan ikan betutu  
jika kita ingin pemijahan dilakukan secara masal maka kita harus mempersiapkan kolam seluas kira-kira 200 meter persegi yang mampu menampung sekitar 35 pasang ikan. Namun apabila kita ingin memijahkan beberapa ekor saja, maka kolam yang harus disiapkan untuk pemijahan bisa yang berukuran 8 meter persegi yang akan dapat menampung hingga 4 pasang ikan

Panen Ikan Betutu
Masa Ikan betutu yang siap kita panen adalah sekitar 5bulan hal ini sudah menjadi kehendak pasar dimana Ikan Betutu yang mempunyai berat kira-kira 1-2 kg.
kebunsatwapiak

kebunsatwapiak

1 komentar:

KEBUN SATWA PIAK. Diberdayakan oleh Blogger.