SELAMAT DATANG

Breaking News
recent

Tips Cara Budidaya Ikan Patin Terbaru dan Terlengkap



Tips Cara Budidaya Ikan Patin Terbaru dan Terlengkap

Selamat datang di dunia satwa

Kali ini admin mau berbagi tips membudidayakan Ikan Patin,sebenar nya cukup mudah untuk membudidayakan Ikan Patin seperti pada umumnya kita memelihara binatang pada umumnya apalagi bagi pemula sekalipun.
Cara budidaya Ikan Patin sangatlah mengiurkan untuk dijadikan peluang usaha karena selain mudah memeliharanya dan pakan-pakan nya cukup mudah di dapat,budidaya Ikan Patin sekarang ini sudah menjadi tren bagi pecinta binatang kecil satu ini apalagi mempunyai harga jual yang cukup tinggi,jadi tak salah kalau kita membudidayakan Ikan Patin ini.
Tips Cara Budidaya Ikan Patin Terbaru dan Terlengkap,ini adalah solusi cara anda yang mau menjadikan Ikan Patin ini sebagai peluang usaha di samping hobi,jadi sebelum kita melakukan sesuatu hendaklah di dasarin dengan hobi-hoby kita semua itu akan mempermudah kita dalam membudidayakannya
Hal yang harus kita ketahui adalah lokasih dimana tempat kita membudidayakan ikan patin tersebut antara lain
  • Kolam tadah hujan
  • Kolam yang terbuat dari semen
  • Kolam irigasi air mengalir


Ketiga hal tersebut adalah cerminan dimana tempat yang kita kehendaki,tetapi kebanyakan orang budidaya memakai kolam tadah hujan karena lebih mudah dan yang paling bagus sebenarnya tempat kolam dimana air yang bersiklus mengalir.
Saat mempersiapkan kolam yang akan di jadikan untuk media budidaya seperti yang sudah di jelaskan di atas kolam harus di keringkan terlebih dahulu sampai dengan dasar kolam retak-retak sebelum digunakan taburi pupuk kompos di permukaan dasar kolam dengan tujuan untuk membuat bibit fitoplankton nantinya. Setelah pupuk di kompos di taburkan taburkan juga Pupuk kapur dan pupuk urea yang bertujuan untuk menyetabilkan kadar asam air. Kontruksi kolam bisa di sesuaikan dengan kebutuhan misal 5 M x 10 M dengan kedalaman 2 – 3 M. jika kita tidak mempunyai cukup lahan kita dapat mumbuat petak kolam lebih kecil yang di sarankan yaitu kedalam kolam karena ikan patin merupakan ikan yang suka dengan kedalam air.
Sebelum penebaran beni ikan patin sebaiknya air yang ada di dalam kolam tersebut di masukkan kedalam ember dan masukkan beni-beni ikan patin tersebut ke dalam ember tersebut,supaya beni-beni ikan patin tersebut bisa beradaptasi .
Makanan ikan patin
Ikan patin pada umumnya mempunyai sifat yang rakus dan tak pernah berhenti untuk makan,hal ini bisa kita siasatin dengan aturan pola makannya di buat 3 x sehari pagi,siang dan malam,tentunya hal ini menjadi rutin untuk membuat kebiasaannya seperti yang kita kehendaki,pakan ikan patin biasanya berupa pelet,tapi kita tentu bisa membuat pakan olahan sendiri dan bisa di tambahkan sayuran yang telah kita cincang halus.
Perawatan
Ikan patin yang berusia 40 hari hendaklah kita sortir besar dan kecil ikan tersebut untuk mempermudah kita untuk masa panen dan indukan.
Panen ikan patin
Masa ikan patin yang siap kita panen adalah sekitar 5bulan hal ini sudah menjadi kehendak pasar dimana ikan patin yang mempunyai berat kira-kira 1-2 kg.

SELAMAT MENCOBA

mulyadi piak

mulyadi piak

jangan pernah takut tuk berteman dengan siapapun,seribu teman bisa membuat kita tau arti kesusahan dan kesuksesan mereka,hidup ini singkat broo...jadi belajarlah buat kebaikan dan tidak menyusakan mereka....,

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

KEBUN SATWA PIAK. Diberdayakan oleh Blogger.