SELAMAT DATANG

Breaking News
recent

CARA BUDIDAYA UDANG SUNGAI YANG MENGGIURKAN


CARA BUDIDAYA UDANG SUNGAI YANG MENGGIURKAN

Hy selamat datang di kebun satwa 

Kali ini admin akan menyajikan CARA BUDIDAYA UDANG SUNGAI YANG MENGGIURKAN.mungkin sebagian dari kita bertanya-tanya bagaimana cara budidaya udang sungai tapi kebanyakan orang bilang (udang galah)jenis udang ini tak sulit di temukan di sungai-sungai yang mempunyai potensi cukup besar tapi hanya sebagian orang yang membudidayakannya.

Tahu kah kau betapa menggiurkannya membudidayakan udang ini,selain mempunyai harga jual yang tinggi tak sulit juga untuk pakan-pakan udang sungai ini.

Udang sungai atau udang(galah) terbukti mempunyai permintaan pasar yang tinggi,hingga udang ini banyak di buru oleh pengepul untuk di ekspor ke luar negeri,hal ini di tandai dengan permintaan ekspor ke berbagai negara seperti jepang,dan beberapa negara eropa jadi tak salah kalau kita mempunyai bisnis untuk budidaya udang sungai ini untuk di kembangkan

Ada beberapa alternatif cara budidaya udang sungai yang menggiurkan ini seperti berikut
  • Pertama adalah di tambak
  • Kedua di kolam



Hal yang harus diperhatikan dalam hal memilih lokasih untuk budidaya adalah,tempat tambak yang besar tergantung seberapa besar lahan yang kita miliki dan mempunyai pengaliran air yang cukup dan terhindar dari banjir,atau pencemaran 

Hal kedua kolam yang terbuat dari semen,hal ini mungkin kita haya mempunyai lahan yang kecil tetapi sangat ingin mengembangkan budidaya udang sungai ini,,dan tak perlu khawatir karena setiap kita melangka pasti ada kendala.kunci dari kesuksesan adalah kesabaran dan mempunyai jiwa besar di kalah kegagalan sedang menimpa.pastikan di dalam kolam tersebut mempunyai sirkulasi air dan udara.dan di atasnya di berikan pelapa pohon untuk menghindari panasnya trik matahari langsung.dan menjaga air tersebut jangan sampai terlalu kotor

Sirkulasi air yang baik memegang peranan penting dalam pelaksanaan pembesaran udang galah. Sebaiknya air dikolam harus mengalir. Untuk kolam pemeliharaan dengan media yang tidak mengalir kualitas air cenderung menurun setelah satu bulan masa pemeliharaan. Untuk mengatasinya dapat dilakukan penggantian air sebanyak 30-50% dengan air yang baru.

C, dengan pH 6,5-8,5. Oksigen°Suhu optimum yang diperlukan adalah 28-30 terlarut minimal adalah 4 ppm, diperlukan juga Ca minimal 52 ppm dan salinitas 0-5 ppt.

Pencegahan hama

Adanya hama dan penyakit ditentukan dengan pemeriksaan yang dilakukan secara visual terhadap organisme pengganggu baik yang bersifat predator maupun kompetitor.
Hama yang sering mengganggu dikolam pemeliharaan adalah ikan-ikan liar yang masuk tanpa sengaja seperti ikan gabus, lele dan lain-lain. Untuk mencegah masuknya hama pemangsa tersebut perlu dibuat saringan pada pintu pemasukan dan pengeluaran air kolam berupa hapa yang terbuat dari jaring dengan mesh size 0,2 mm.

Waktu panen udang sungai

Udang sungai dapat dipanen setelah 4 bulan, 6 bulan, atau bahkan lebih, sesuai dengan ukuran udang yang dibutuhkan oleh konsumem. Biasanya udang sungai dapat mulai dijual setelah mencapai ukuran 20 – 25 gram/ekor, tetapi semakin besar ukuran udang harganya juga semakin mahal.

Pakan udang sungai
Dalam usaha ternak, udang bisa makan makanan alami yang tumbuh di tambak, yaitu kelekap, lumut, plankton, dan bentos.
  • Sisa-sisa pemotongan katak.
  • Bekicot yang telah dipecahkan kulitnya.
  • Makanan anak ayam.
  • Daging kerang dan remis.
  • Trisipan dari tambak yang dikumpulkan dan dipech kulitnya.
SELAMAT MENCOBA
mulyadi piak

mulyadi piak

jangan pernah takut tuk berteman dengan siapapun,seribu teman bisa membuat kita tau arti kesusahan dan kesuksesan mereka,hidup ini singkat broo...jadi belajarlah buat kebaikan dan tidak menyusakan mereka....,

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

KEBUN SATWA PIAK. Diberdayakan oleh Blogger.