SELAMAT DATANG

Breaking News
recent

CARA MENANAM KENTANG DI DALAM KARUNG/POLIBAG DENGAN MUDAH DAN HASIL MEMUASKAN



CARA MENANAM KENTANG DI DALAM KARUNG/POLIBAG DENGAN MUDAH DAN HASIL MEMUASKAN

Kali ini kebunsatwapiak akan membahas tutorial menanam kentang di dalam pot, karena kita tahu zaman sekarang cukup sulit berkebun dengan lahan yang terbatas jadi tak salah kalau kita memanfaatkan pekarangan sekeliling rumah kita untuk bercocok tanam kentang di dalam pot,menanam kentang di dalam pot dengan menanam di lahan yang luas.sebenarnya sama saja.tetapi hal ini admin sajikan untuk alternatif kita yang hobby berkebun 

Tahapan Bibit kentang Untuk Ditanam

Untuk mencari benih kentang tak terlalu sulit karena sudah banyak  tersedia benih kentang dengan keunggulannya masing-masing. Pilihlah benih yang sifatnya sesuai dengan kondisi lahan masing-masing. Bila sulit didapatkan atau harganya mahal, kita bisa menyeleksi benih kentang sendiri yang ada di tempat kita masing-masing.Untuk pembibitan, polybag cukup kita isi dengan media setinggi 20 – 30 cm saja. Kemudian kentang yang mempunyai banyak mata kita letakkan di atasnya. Ketika tunas-tunas mulai bermunculan sepanjang 2 cm, tunas dapat kita pilih beberapa yang terbagus.Sementara tunas yang lainnya dipotong atau dimatikan.

Persiapkan media tanam
Media tanam yang dipakai diantaranya : kombinasi tanah, arang sekam, pupuk kandang/kompos dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Seluruhnya digabung serta disiram dengan air dan di diamkan selamal 1-2 hari.

PENANAMAN DAN PEMUPUKAN
 
Dalam satu polybag dapat ditanam 3 – 4 bibit kentang. Bibit ditanam sedalam 7 cm.Sebelumnya polybag diisi dengan media sebanyak 2/3 dari volume. Sisa polybag yang tidak terpakai dilipat keluar dengan rapi. Sepuluh hari setelah tanam,bibit kentang biasanya sudah mulai merata pertumbuhannya.Ketika umur tanaman mencapai satu bulan, media tanam ditambahkan lagi sedikit-sedikit mengikuti tinggi tanaman.Penambahan media perlu dilakukan agar umbi tidak terkena sinar matahari secara langsung.Sebab umbi yang terkena sinar matahari warnanya menjadi kehijauan dan beracun.Selain itu tanaman perlu disiram setiap hari atau sesuai dengan kondisi kelembapan tanahnya. Selama penyiraman, harus selalu diperhatikan apakah drainasenya lancar atau tidak. Bila drainasenya tidak lancar perlu dilakukan penyodokan dengan menggunakan kayu atau lidi hingga drainasenya lancar kembali.

.PEMELIHARAAN
Penyiraman pada musim kemarau dikerjakan satu sampai 2 x satu hari saat pagi dan sore bergantung situasi di lapang. Tanaman kentang tak tahan kekeringan namun tak tahan pada genangan air.jadi hal-hal tersebut harus diperhatikan dan kalau ada tumbuhan yang ada di sekitar tanaman tersebut sebaiknya di bersihkan.dan di beri pupuk 1minggu sekali

MASA PANEN

Pada umur 3 – 4 bulan biasanya umbi telah bisa dipanen. Pemanenan umbi sebaiknya dilakukan satu minggu sesudah tanaman mati semuanya, ditandai dengan keringnya daun serta ujung batang dan kulit umbi yang kuat.Bila daun dan ujung batangnya belum kering, umbi-umbi akan rendah mutunya dan kulitnya akan mudah lecet.Cara penennya adalah, polybag cukup disobek dari atas sampai bawah dengan menggunakan pisau yang tajam. Penyobekan dilakukan dengan hati-hati agar tidak memotong umbi kentangnya. 

SEMOGA BERMANFAAT

kebunsatwapiak

kebunsatwapiak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBUN SATWA PIAK. Diberdayakan oleh Blogger.